Peringatan Hari Penyu Sedunia di Desa Buku


Indonesia terkenal dengan keanekaragaman biota laut yang dimiliki baik jenis hewan, tumbuhan dan karangnya. Hal ini terbukti, salah satunya dari keberadaan penyu di Indonesia. Enam dari tujuh jenis penyu di dunia dapat ditemukan di Indoneisa, yaitu: Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea), Penyu Pipih (Natator depressus), Penyu Hijau (Chelonia mydas), Penyu Tempayan (Caretta caretta), Penyu Sisik (Eretmochelys imbricata) dan Penyu Belimbing (Dermochelys coriacea).

Proses pelepasan tukik di Pantai Tanjung Buku
(Foto: Muhyiddin)
Namun keberadaan penyu di Indonesia dari waktu ke waktu kian terancam punah. Selain karena berbagai ancaman yang dihadapinya saat mengarungi samudra, kemunculan penyu-penyu betina di lokasi pantai saat akan melakukan proses peneluran juga diperhadapkan dengan tantangan berat. Maraknya perburuan telur penyu menjadi ancaman besar bagi perkembangbiakan habitat populasi penyu di Indonesia. Hampir semua wilayah pesisir di Indonesia yang menjadi lokasi peneluran penyu terdapat aktifitas perburuan telur penyu, seperti yang terjadi di kabupaten Polewali Mandar provinsi Sulawesi Barat. Perburuan telur penyu di Polewali Mandar sangat marak ditemukan disebagian wilayah pesisir, misalnya di Pantai Mampie, kecamatan Wonomulyo, Pantai Tanjung Buku, Kecamatan Mapilli dan Pantai Lapeo, Kecamatan Campalagian. 

tukik saat dilepas-liarkan
(Foto: Iman)
Permasalahan ini mendapat perhatian besar dari beberapa kalangan pemuda daerah yang kemudian membentuk kelompok pemerhati penyu yaitu "Sahabat Penyu" dengan tujuan menjaga kelestarian habitat penyu di Sulawesi Barat khususnya kabupaten Polewali Mandar. Peringatan Hari Penyu Sedunia tiap tanggal 23 Mei juga ikut diperingati oleh kelompok Sahabat Penyu  di Pantai Tanjung Buku, Desa Buku sebagai salah satu lokasi peneluran habitat penyu. Tepatnya 23 Mei 2018, Hari Penyu Sedunia diperingati dengan melakukan kegiatan pelepasan tukik dari hasil penangkaran telur penyu di Desa Buku. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kampanye pelestarian penyu di Sulawesi Barat dengan harapan "Menghindari Kepunahan".

Salam Lestari!!

Penulis : Ayub Kai

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cocco, Siput Air Payau.

Desa Buku Penghasil Minyak Mandar

Kopra, Produk Hasil Olahan Kelapa